Diet Karbohidrat : Berapa Banyak yang Anda Inginkan dalam Sehari?

Sangat membingungkan untuk memahami bagaimana proses tubuh kita terjalin dengan rumit dan memerlukan perencanaan diet harian kita yang cermat untuk mencapai keadaan kesehatan dan kesehatan yang baik.


Menurut saya, sebagian besar masalah terkait berat badan adalah hasil dari pola diet yang buruk atau gaya hidup yang terlalu lamban untuk bisa menjaga kesehatan tubuh. Anda adalah apa yang Anda makan, ini telah diulang lagi dan lagi, dan itulah mengapa kita perlu memahami peran berbagai kelompok makanan dalam pemeliharaan kesehatan. Pada artikel ini, kita akan membicarakan salah satu kelompok makanan utama yang telah dijauhi selama bertahun-tahun – karbohidrat. Tapi tunggu, apakah mereka benar-benar buruk dan apakah karbohidrat benar-benar membuat Anda bertambah gemuk?

Mari kita cari tahu.


Sebelum kita membahas jumlah karbohidrat yang harus Anda konsumsi dalam sehari, penting untuk memahami peran yang dimainkan kelompok makanan ini dalam kesehatan kita. Tubuh kita diprogram untuk mendapatkan energi terutama dari karbohidrat. Tubuh dilengkapi untuk mengekstrak gula (glukosa) dan energi dari karbohidrat. Harus diingat bahwa otak terutama memberi makan pada glukosa untuk berfungsi dan melaksanakan semua proses esensial. Oleh karena itu, pentingnya karbohidrat dalam pasokan energi yang lancar di dalam tubuh tidak perlu diragukan lagi. Namun, perhatikan bahwa kelebihan konsumsi karbohidrat, setelah satu titik, mulai terakumulasi dalam cadangan lemak tubuh. Jadi, ketika sampai pada karbohidrat, orang tidak perlu menghindari mereka tapi melangkah dengan hati-hati.

Mengapa orang sering diminta mengurangi karbohidrat untuk memperlancar penurunan berat badan terutama karena saat berolahraga, tubuh menggunakan energi – yang didapat dari karbohidrat – dan begitu Anda mengurangi sumber energi ini, tubuh beralih ke lemak. derivasi energi dan dalam prosesnya memudahkan penurunan berat badan. Ini benar-benar salah untuk menyalahkan karbohidrat untuk penambahan berat badan, “masalahnya bukan dengan karbohidrat, ini penting untuk fungsi tubuh.

Masalahnya adalah dengan jenis makanan yang kita konsumsi yang berbasis karbohidrat. Makan lebih banyak karbohidrat dari pada yang dibutuhkan tubuh kita, pada saat bersamaan kita tidak cukup makan protein. Keseimbangan perlu dicapai dan saya yakin jika kita semua makan makanan seimbang dan berolahraga secukupnya, tidak akan ada berat atau masalah kesehatan, “kata Dr. Rupali Datta, Konsultan Nutrisi, Fortis Escort, New Delhi.

Berapa yang cukup?

Para ahli menyarankan bahwa rata-rata orang dewasa harus mendapatkan 50-60% kebutuhan energinya dari karbohidrat, mendekati 25% dari protein dan sisanya dari lemak. Diet Anda dapat bekerja pada model protein rendah karbohidrat tinggi, dalam hal ini Anda harus memastikan bahwa asupan protein Anda tidak melampaui 40% dari total asupan makanan Anda. Menghilangkan kelompok makanan apapun sama sekali tidak ada solusinya. Turunkan karbohidrat tidak apa-apa jika Anda mencoba menurunkan berat badan.

“Harus dipahami bahwa diet yang kita makan adalah sekitar 70-80% karbohidrat, idealnya sebaiknya kita membawa angka ini turun sampai 50% dan tetap seperti itu. Jumlah kalori yang Anda butuhkan dapat dengan mudah diturunkan dengan mengalikan kebutuhan Anda. Berat badan sebesar 24, sekarang ambil angka ini dan hitung 50% dari itu untuk sampai pada jumlah kalori yang Anda butuhkan untuk mendapatkan melalui karbohidrat. Kira-kira 1gm karbohidrat akan memberi Anda 4 kalori, Anda bisa melakukan matematika dengan cara ini, “jelas Dr. Ritika Sammadar, Ahli Nutrisi Klinis, Rumah Sakit Khusus Max Super, Saket, Delhi.

“Kami tidak pernah meminta siapa pun untuk menurunkan berat secara drastis karbohidrat, bagaimana tubuh Anda bertahan jika Anda memotong sumber energinya (glukosa)? Turunkan karbohidrat harus selalu berarti bahwa Anda memenuhi asupan protein Anda; Jangan sampai menurunkan rasio karbohidrat dalam makanan Anda di bawah 40% asupan makanan sehari-hari, “berbagi Gaurav Sharma, Fitness Manager di Anytime Fitness Studio, Jangpura, New Delhi.

Hubungi ahli gizi bersertifikasi untuk mengetahui lebih banyak tentang jumlah karbohidrat yang Anda perlukan dalam makanan sehari-hari dan seberapa banyak dapat diganti dengan protein untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *