Tips untuk tulang belakang yang Sehat

Tulang belakang yang sehat adalah bagian gaya hidup sehat yang sering diabaikan dan penting.

Orang yang menderita sakit punggung, terutama jika bersifat jangka panjang, umumnya kurang sehat dibanding mereka yang tidak. Sebenarnya, biaya sakit punggung ternyata tidak hanya mengejutkan secara finansial, tapi juga dalam hal kehilangan waktu kerja dan karena masalah psikososial yang timbul selama proses penyembuhan yang berkaitan dengan sakit punggung jangka panjang.

Sayangnya, sekitar 80-90% populasi menderita sakit tulang belakang pada titik tertentu. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, dan yang merokok, mengangkat benda berat, atau mengalami episode sebelumnya dari sakit punggung, lebih mungkin mengalami nyeri punggung.

Karena begitu banyak orang menderita sakit tulang belakang, penting bagi Anda untuk tetap menjaga tulang belakang senyaman mungkin. Berikut panduan postur, angkat, dan gaya hidup sederhana yang sederhana dapat membantu Anda menjaga punggung agar tetap sehat.

American Chiropractic Association (ACA) merekomendasikan tip kesehatan tulang belakang berikut ini:

  • Saat Ingin Berdiri

    Saat berdiri, jaga satu kaki sedikit di depan yang lain, dengan lutut sedikit tertekuk. Posisi ini membantu mengurangi tekanan rendah Anda.
    Jangan berdiri membungkuk ke depan di pinggang untuk waktu yang lama. Otot-otot di punggung rendah Anda menjadi terdeposisi dalam posisi ini, yang bisa menyebabkan rasa sakit.
  • Pengangkatan
    Setiap saat, hindari memutar saat mengangkat. Memutar adalah salah satu gerakan paling berbahaya untuk tulang belakang Anda, terutama saat mengangkatnya.
    Jika barang terlalu berat untuk diangkat, mendorongnya lebih mudah di punggung Anda daripada menariknya. Bila memungkinkan, gunakan kaki Anda, bukan punggung atau tubuh bagian atas, untuk mendorong barang.
    Jika Anda harus mengangkat barang yang berat, mintalah seseorang untuk membantu Anda.
  • Duduk
    Jaga lutut sedikit lebih rendah dari pinggul Anda, dengan kepala terangkat dan lurus kembali.
    Hindari menggelindingkan bahu ke depan (membungkuk).
    Cobalah untuk mempertahankan lekukan alami di punggung rendah Anda.
  • Reaching dan Bending
    Saat meraih sesuatu di atas tingkat bahu, berdiri di bangku. Saring untuk mencapai benda semacam itu mungkin tidak hanya melukai punggung dan leher Anda, tapi juga bisa menimbulkan masalah bahu.
    Jangan membungkuk di pinggang untuk mengambil barang dari lantai atau meja.
    Sebagai gantinya, berlututlah di atas satu lutut, sedekat mungkin dengan barang yang Anda angkat, dengan kaki satunya rata di lantai dan letakkan barangnya.
    Atau tekuk lutut, jaga agar benda tetap dekat dengan tubuh Anda, angkat dengan kaki, bukan punggung Anda.
  • Membawa
    Saat membawa benda, terutama jika berat, jauhkan mereka sedekat mungkin dengan tubuh Anda.
    Membawa dua benda kecil-satu di masing-masing tangan-seringkali lebih mudah ditangani daripada yang berukuran besar.
  • Tidur

    Tidur di punggung Anda memberi tekanan sekitar 50 pon pada tulang belakang Anda. Posisi lain mungkin lebih baik. Menempatkan bantal di bawah lutut Anda saat berbaring telentang mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda kira-kira menjadi dua.
    Berbaring di sisi Anda dengan bantal di antara kedua lutut Anda mungkin juga mengurangi tekanan di punggung Anda. Jangan pernah tidur dalam posisi yang menyebabkan sebagian tulang belakang Anda sakit. Paling sering, tubuh Anda akan memberi tahu Anda posisi apa yang terbaik.
  • Diet dan Latihan Sehat
    Sementara juri pepatah masih di luar, kami menduga bahwa bobot ekstra memberi tekanan yang tidak semestinya pada tulang belakang Anda. Simpan dalam 10 lbs. dari berat ideal Anda untuk punggung yang lebih sehat.
    “Perut bir” kemungkinan merupakan pelakunya yang terburuk, karena ini memberi tekanan pada otot, ligamen dan tendon di punggung bawah Anda yang tidak diinginkan.
    Cara yang paling efisien dan efektif untuk mengurangi berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan yang masuk akal dan berolahraga secara teratur.
    Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai program olah raga apapun, terutama jika Anda memiliki konditi kesehatan
  • Berhenti merokok
    Perokok memiliki lebih banyak sakit tulang belakang daripada bukan perokok, dan mereka juga sembuh lebih lambat saat mereka mengalami episode nyeri punggung karena zat kimia dalam asap tembakau membatasi aliran darah ke jaringan di dalam dan di sekitar tulang belakang Anda.

Sementara mengikuti petunjuk ini tidak ada jaminan bahwa Anda akan terbebas dari sakit punggung sepanjang hidup Anda, hal itu pasti bisa mengurangi risiko Anda mengembangkannya. Dalam jangka panjang, langkah sederhana ini dapat membantu Anda mempertahankan dan memperbaiki kesehatan tulang belakang Anda. Jika Anda mengalami sakit tulang belakang, pertimbangkan untuk mengunjungi dokter chiropractic di daerah Anda.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *